Begadang tanpa kopi

Bagi beberapa orang terutama mahasiswa yang sedang dikejar deadline skripsi seperti saya, begadang untuk ngetik atau ngerjain tugas adalah biasa. Banyak alasan dikemukakan mengapa harus sampai begadang. Bagi mahasiswa kampret (melek di malam hari) waktu malam biasanya adalah waktu yang lebih produktif dibandingkan siang hari dikarenakan mengerjakan tugas atau skripsi di malam hari sampai begadang jauh lebih tenang dan lebih fokus, penyebab lainnya bisa dikarenakan memang tidak ada waktu lain selain di malam hari dan hari libur karena di siang harinya mereka kuliah, praktikum ataupun kerja sambilan.

Karena itu banyak sekali mahasiswa yang menjadi kampret sehari-harinya. Untuk begadang biasanya mereka menggunakan doping dulu supaya kuat “melek” sampe pagi atau minimal bisa ngerjain. Nah biasanya dopingnya kopi atau minuman energi instan. Saya juga dahulu pelanggan setia kopi atau minuman energi lain seperti naturade atau hemaviton jreng, ketika sibuk2nya ngerjain deadline laporan praktikum.

Namun, karna saya juga latihan taekwondo, lama kelamaan kalo begadang pake kopi dsb, bisa rusak fisik saya, lah begadangnya aja udah ngerusak fisik apalg pake kopi yang katanya mempercepat kerja jantung yang seharusnya istirahat. Sehingga saya coba untuk menjauhi kopi dengan beberapa cara.

Nah ini ada beberapa cara begadang alternative. Yang penting sebelum begadang kita harus memprsiapkan dulu apa yang akan kita kerjakan buat begadang.

Cara Pertama:
Bagaimanapun istirahat itu perlu, makanya sebelum begadang tidur dulu 2-3 jam (jam 10 smp jam 12an lah), setelah itu melek sampe pagi. Pertama agak susah sih, tp kalo diniatin dan diiringi dengan alarm yang memadai insya Allah bisa. Cara seperti ini saya lihat dari Tommy, teman sekontrakan saya dulu waktu kuliah, karena sambil kuliah ia sibuk mengajar, makanya ia harus memotong waktu istirahtnya kalau tugas atau laporan praktikum sedang padat-padatnya, dan dia selalu berhasil mengerjakannya.

Cara kedua:
Hampir sama, tp agakk berbeda di kombinasinya. Ini saya kerjakan ketika kuliah saya mulai padat dengan laporan praktikum. Saya pakai kombinasi 2-1, artinya dua jam ngerjain, 1 jam tidur dl, 2 jam kerjain lg 1 jam tidur dulu lagi.. yah balik lagi,, caranya yah mesti niat dan diiringi alarm yang memadai.

Cara ketiga:
Yah standar mah kalo cara yang ini,, ini khusus buat yang cuma bisa fokus kalo ngerjain apa2 malam.. intinya begadang sampe subuh,, abis subuh baru tidur sampe sebelom kuliah lagi. Misalkan kuliah jam 8, yah tidur 2 jam dulu dr stg5 ampe stg7. Tp gak jamin, di kelas kuliah bisa melek, apa lagi kalo dosennya bikin boring. 🙂

Nah yang kayak begitu sebenrnya ga usah pake kopi juga pasti bisa. Atau kita bisa ganti kopi dengan doping lain misalnya makan yang agak pedas (tp jangan banyak2), ngemil, ngemut permen, atau buat yang muslim ambil wudhu trus sholat lail dulu, biar seger. Bisa juga sambil ngerjain sambil nyalakan musik yang agak cadas, biar “on” terus.

Segitu dulu deh, nanti lanjut lagi kalo ada yang nambahin. 🙂

5 pemikiran pada “Begadang tanpa kopi

  1. gue setuju bgt tuh!!
    emng ga bgus klo ita terbiasa ama minuman instant penmbh energi dan kopi hanya untuk bikin mata melek,,
    gue juga punya kejadian nyata gimana buruk nya efek smping mnuman dan kopi itu di kmudian hri.
    yah,,mending yg normal2 aja deh,tdur cukup,dan bagi wktu dngn benar biar smua kgiatan kita lncr hehehhe,,,
    sotoy bgt yak gue

  2. Bener begadang memang dah kaya makanan wajib mahasiswa kalo ngerjainnya siang kayanya ga cukup. hehe. boleh tuh tips-nya buat “menyingkirkan” kopi. tambahannya juga kalo begadang jangan sampai perut kosong.

Tinggalkan Balasan

