Cinta Jarak Jauh, Kenapa Nggak

Long Distant Relationship
Long Distant Relationship

Bagi sebagian orang, menjalani hubungan (pacaran) jarak jauh amatlah sulit, baik dari segi komunikasi maupun dari segi kepercayaan. Tapi bagaimana bila seseorang yang kita sayang atau kekasih kita terpaksa harus berpisah dari kita, karena kuliah atau bekerja di luar kota, bahkan di luar negeri? Pilihannya hanya dua; pertama dengan baik-baik mengakhiri komitmen agar masing-masing pihak tidak saling membebani dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan kedua adalah tetap melanjutkan komitmen dengan menerima konsekuensi-konsekuensi dari hubungan jarak jauh.

BIasanya setiap hubungan jarak jauh sangat berpotensi diganggu perselisihan maupun kesalahpahaman, hal ini lebih karena kodrat manusia yang saling membutuhkan satu sama lain, kangen, curiga, takut diselingkuhin, khawatir berlebihan, dsb bisa jadi bumbu sehari-hari dalam hubungan jarak jauh. Namun selama mampu menjaga konsistensi masing2 pihak, dan komunikasi, hal tersbut akan dapat di atasi betapa pun besarnya.

Berikut beberapa tips, dalam menjaga hubungan jarak jauh:

1. Komunikasi

    Komunikasi sangat amatlah penting, gimana mau ada hubungan kalo ga ada interaksi walaupun sedikit?? Sebisa mungkin harus di sepakati dari awal setiap pasangan. Misalkan, sepakat untuk setiap hari SMS, atau beberapa kali sehari telp, chatting, kirim email, atau beberapa bulan sekali saling mengunjungi, dsb sesuai dengan kesepakatan masing-masing. Dengan begini, bakal tetep jaga kepercayaan dan juga menghindari kecurigaan dan kekhawatiran dr salah satu pihak.

2. Percaya

    Untuk langgeng dalam hubungan saling kepercayaan itu dibutuhkan. Kepercayaan bisa saling tumbuh jika satu sama lain sudah kenal karakter masing-masing serta sadar masing-masing akan hak dan kewajibannya sebagai pasangan, Insya Allah rasa percaya akan tumbuh dan semakin kuat. Dengan banyak bercerita kegiatan atau masalah masing-masing ketika berkomunikasi, juga dapat memperkuat kepercayaan.

3.Saling Mendukung dan Menghargai

    Bagaimanapun juga, kehadiran pasangan secara langsung maupun tidak langsung sangat berpengaruh, iya toh, buat apa punya pasangan kalau tidak bisa memberikan kita support sedikitpun. Walaupun hanya sekedar lewat email atau sms, dukungan sekecil apapun akan sangat berpengaruh positif, sehingga hubunganpun akan semakin kuat walaupun jarak jauh. Di samping itu, masing-masing juga harus tetap menghargai satu sama lain, misalnya tidak terlalu curiga atau menginterogasi/menekan pasangan kalau sedang susah di hubungi atau sedang ada masalah, tunjukan kalau kita menghargai apapun yang di lakukan dia, dan percaya dia tidak akan menyalahgunakan kepercayaan, demikian juga sebaliknya. Hal ini juga sangat berkaitan dengan kepercayaaan juga.

4. Selesaikan masalah dengan segera

    Sulitnya atau jarangnya komunikasi kita dengan dia, jangan sampai ditambah dengan membiarkan masalah berlarut-larut. Karna itu, setiap ada kesempatan berkomunikasi, usahakan masalah yang sedang muncul saat itu juga harus di selesaikan, minimal ada kesepakatan di antara dua pihak untuk menyelesaikan di lain kesempatan. Jangan biarkan masalah tak terselesaikn, karna akan sangat membebani dan mengganggu aktivitas sehari-hari masing-masing.

5. Jalani rutinitas sehari-hari

    Terkadang/seringkali rasa kangen atau khawatir dengan pasangan muncul. Setiap detik pasti ada saja lamunan kita, sedang apa dia, kangen juga gak yah, atau jangan-jangan dia kenapa2, dsb. Untuk itu, kita juga harus tetap fokus dengan tugas atau aktivitas kita sendiri, jangan terlalu banyak memberikan fikiran kita, tempatkan dengan sesuai, dan bukan berarti kita melupakannya. Menyayangi seseorang bukan berarti kita selalu memikirkannya tanpa memperdulikan aktivitas kita yang lain. Jadi harus tetap produktif.

Semoga bermanfaat.. 🙂

Iklan

7 pemikiran pada “Cinta Jarak Jauh, Kenapa Nggak

  1. ehm…kalau cuma buat saran sich emang cocok bgt…tapi kalau uda dijalani susah bang…jangankan beda negara…beda kota aja susahnya minta ampun….pasti ada pikiran2 kita yang macem2….mungkin malah larinya lebih membohongi diri sendiri (dia disana setia kok…pasti gak tingkah aneh2…etc)…lha daripada tersiksa dg pikiran2 yang bakal nyakitin diri sendiri…mending diakhiri aja…toh kalau jodoh gak bakal kmn…
    itu cinta yang maksudnya pacaran…tapi kalau uda nikah tapi trus dipisahkan jarak karna sesuatu…itu saran diatas OK..
    hehe…nih cuma pengen kasih komen…sory klo salah kata…

    1. hihi.. trust me,, it works,, hehe

      namanya juga saran,, kalo udah terlanjur cinta kenapa nggak.. toh yang penting usaha dulu.. kan dari awal pilihannya udah dua,, pisah baik2 atau tetep jalanin.. nah buat yang mau tetep jalanin, ini sebagian tips dan sarannya gitu..

      1. Klo uda trlanjur cinta ya?! Ok i see…Emang arti cinta menurut apul itu apa?! Pek org mau lakuin cinta jarak jau..Klo statusnya pacaran pa itu pengorbanan yg sebanding?Klo akhirx nikah sich ok..Klo gak?!

  2. yah namanya juga usaha,, mana kita tahu urusan jodoh mah di tangan yang di atas.. memang ga selalu berhasil,, tapi boleh kan kita berusaha dulu..

  3. sayang aku tahu
    kita tak banyak bicara
    kau jauh disana
    ku menyimpan tanya

    sayang aku tahu
    kita tak banyak bertemu
    namun hanya kamu
    yang ada di hati

    jangan sampai kau lukai hatiku
    aku resah lalui waktu tanpamu
    jangan sampai kau ragukan cintaku
    aku takkan membuatmu terluka
    meragu… percayalah…

    sayang aku mau kita
    ‘kan slalu menyatu
    walau kadang rindu
    menyiksa batinku

    sayang aku mau
    jangan pernah kau meragu
    walau aku jauh
    hatiku untukmu

    jangan sampai kau ragukan cintaku
    aku takkan membuatmu terluka
    meragu… percayalah…

  4. w akui emang LDR itu berat banget untuk dijalani, w sendiri ngalamin itu saat ini. Dia sekarang kerja diLN and cowok w bule. Pada awal pacaran dia sering banget telp tapi dengan rutinitas kerjaan dia di sana yg semakin sibuk, dia gk seserg dl nelp w. So perasaan kesel and curiga pasti ada. bukan karena cemburu, tp w cuma tkt persaanny dia brkrg. Tp sometimes saat w lg kangen berat and sedih karena dia,saat itu jg dia nlp w. W gk tau mgkn kt kontak batin kali y..hehehe, tp w jg sering minta nasht sm nykp, kt nykp:w gk blh kekeanak2an & hrs mengrt dia,intinya slg percya and komunikasi. and almost everyday kt chtg. Itu udah cukup. I love u honey

    1. yup… butuh perjuangan ekstra keras untuk nunggu yang jauh di sana.. tp percaya deh,, penantian kita gak akan ada yang sia-sia,, apalgi kalo ternyata jodoh.. smoga kalian dipertemukan dan dipersatukan oleh TUhan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s