Fatwa Haram Facebook

Beredar kabar yang kurang mengenakkanbagi para penggemar situs jejaring sosial, bahwa MUI sedang mempertimbangkan fatwa haram Facebook. Hal tersebut terkait dengan kasus yang terjadi di salah satu Pondok Pesantren di Jawa Timur, dimana santriwan dan santriwati disana memanfaatkan fasilitas digital learning mereka untuk mengakses situs Facebook, dan memanfaatkannya untuk “bercengkrama” diantara santriwan dan santriwati.

Tindakan “mojok” di Facebook ini pun akhirnya diketahui oleh pembina pesantren tersebut, sehingga akhirnya para pimpinan pesantren melarang dan mengharamkan santri-santrinya untuk mengakses facebook di pesantren tersebut. Tidak lama berselang, tindak lanjut dari peristiwa tersebut munculnya berita/rumor bahwa para Ulama se-Jawa Madura mengharamkan penggunaan Facebook berlebihan, demikian yang diberitakan situs detikinet.com .

Pada dasarnya kemajuan teknologi apapun itu, elektronika, IT, dsb, hanya merupakan media atau alat (tools) yang pemanfaatannya diserahkan 100% kepada pengguna. Manfaat atau mudharatnya suatu benda bergantung dan kembali kepada si penggunanya.

Kalau Facebook, Friendster, Youtube, dsb diharamkan, mengapa tidak sekalian saja teknologi telekomunikasi lain diharamkan seperti video call, mms, sms, bahkan email yang juga berpotensi digunakan untuk perzinahan.

Dosen bidang Teknologi Web dan Multimedia saya pernah mengatakan bahwa hal-hal di atas mungkin bisa terjadi karena bangsa kita mungkin sampai saat ini baru mencapai tahap pengguna tok, belum banyak yang menggunakan kemajuan teknologi dengan bijak sebagai media untuk meningkatkan kualitas ilmu, iman, dan takwa.

Regards.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s