Aman atau Nyaman, Dilema?

Oleh: Apul L. M. Pandiangan (Elektro UI)

Pada posting-an sebelumnya, saya sedikit berbicara tentang hacker. Bicara soal hacker tentu juga berhubungan dengan sistem keamanan di dunia maya. Fasilitas keamanan merupakan sesuatu yang wajib diperhatikan, karena berkaitan dengan kelangsungan berbagai fungsi dalam suatu jaringan komputer. Sehingga perlu selalu diperbaharui dan diperbaiki.

Namun, semakin tinggi tingkat keamanan yang diadopsi oleh suatu jaringan, maka semakin rumit pula akses bagi para pengguna. Hal tersebut dikarenakan semakin ketatnya autentikasi atau verifikasi yang akan ditampilkan kepada pengguna, semacam pada mail atau akun pertemanan. Hal tersebut membuat kebanyakan pengguna cenderung merasa tidak praktis dan lebih memilih tidak menggunakan fasilitas keamanan tambahan (misalnya password pada tampilan masuk Windows). Contoh lainnya, para pemilik laptop yang tersambung dengan jaringan internet, biasanya mereka cenderung malas untuk log out dari akun-akun mereka di internet ketika hendakĀ  selesai menggunakan. Hal itu sangat berresiko apabila suatu saat laptop tersebut dijual atau hilang.

Namun memang untuk beberapa kepentingan, fasilitas keamanan tingkat tinggi sangat dibutuhkan, seperti halnya akses untuk masuk ke data-data kepolisian atau kedokteran. Dan ada juga yang mengabaikan keamanan dan lebih mementingkan kepraktisan dan kenyamanan, seperti situs berita atau iklan dsb.

Semua itu bergantung pada kepentingan pengguna dalam memanfaatkan fasilitas di internet, sesuai dengan tujuan dan tingkat kerahasiaan urusan yang di kerjakan. Dan kita tinggal memilih menggunakan yang seperti apa.

Sumber:

Kuliah Keamanan Jaringan Komputer & Berbagai Blog lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s