Telekomunikasi dalam SCADA

Telekomunikasi berasal dari kata tele dan communication, tele berarti jarak jauh, communication berarti komunikasi atau interaksi. Telekomunikasi adalah usaha manusia untuk melakukan komunikasi atau penyampaian pesan dua arah dalam jarak yang jauh. Pemanfaatan telekomunikasi telah sejak lama digunakan, dimulai dari morse sampai telepon seluler.

Lalu bagaimana manfaatnya dalam sistem SCADA (Supervisory, Control and Data Acquisition)? Seperti yang telah kita ketahui, sistem SCADA memungkinkan suatu proses atau suatu peralatan diawasi dan dikendalikan secara remote control dari suatu control center (pusat kontrol). Untuk menopang fungsi tersebut, dibutuhkan media penghantaran sinyal atau informasi dua arah antara site (peralatan) dengan pusat kontrol, media tersebut adalah peralatan telekomunikasi berupa kabel, maupun nirkabel.

Penggunaan media komunikasi dalam SCADA dibutuhkan dalam hal telecontrolling (remote control), telesignaling (alarm dan indikator), dan telemeasuring (V, A, Hz). Ketika sebuah media telekomunikasi mengalami gangguan, maka fungsi SCADA pada suatu sistem akan “mati”. Sebenarnya, dalam hampir semua hal, telekomunikasi itu penting, untuk koordinasi antar personil, penyampaian pesan, instruksi dalam kepolisian, dsb, semua butuh media komunikasi agar pekerjaan mereka lebih efektif.

Sehingga begitu juga dengan SCADA, maka hal pertama yang diperiksa ketika terjadi gangguan atau malfungsi, maka yang pertama dilakukan penyelidikan adalah di sisi media telekomunikasi. Barulah setelah sudah dipastikan apakah ada gangguan di media telekomunikasi atau tidak, bagian lain, seperti RTU diperiksa.

Lalu apa saja kah contoh dari aplikasi media telekomunikasi yang umum digunakan dalam SCADA
1. Kabel Pilot
2. Kabel Optik
3. Radio, GPRS, dsb

Penggunaan jenis-jenis media komunikasi bergantung pada beberapa hal, seperti jenis medan yang memisahkan pusat kontrol dengan site, tipikal peralatan yang di kontrol, sampai faktor efisiensi biaya pemeliharaan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s