Beberapa Kosakata dalam Tae Kwon Do

Dear all..

Hehehehe, udah cukup lama saya gak tengok ini blog. Mungkin kalau kata penyanyi jaman dulu, udah usang nih blog. Untung gratis, hihi

Oke cukup berhaha-hihinya 😀 saatnya kita mulai yg ada hubungannya sama judul di atas.. Oh iya btw udah lama banget saya ga ber Taekwondo ria, udah terlalu tenggelam dalam lautan karir.. Hehehe

Nah, supaya ingatan saya soal tetek bengek Taekwondo gak terlalu lenyap, saya mau bahas sedikit kosa kata dalam latihan Taekwondo. Ya mudah-mudahan masih relevan sama kurikulum zaman sekarang.

Dobok adalah sebutan untuk seragam latihan. Idealnya berbahan yang menyerap keringat, menopang gerakan tubuh dengan baik dan memberi kenyamanan, tidak tipis atau terlalu tebal. Seingat saya, dobok untuk tingkat geup 10 sampai 4 kerahnya berwarna putih, untuk geup 3 sampai 1 dan Sabuk Hitam kerahnya berwarna hitam untuk yang dewasa, serta merah hitam untuk remaja/anak-anak.

Dojang, nah kalau ini sebutan untuk tempat latihan. Umumnya di dalam sasana olah raga macam GOR atau gym dan lapangan terbuka (biasanya sekolah-sekolah umum di Indonesia).

Ti, ini istilah untuk sabuk yang para Taekwondoin pakai. Udah tau kan urutan warna sabuk berdasar geupnya. Hehehe, ricek ke Sabeumnimnya masing2 ya kalau lupa, yah biar sekalian olah raga dikit macam push up atau sit up :p

Sonbae, artinya senior. Kalo ga tau siapa itu yang disebut senior, coba tanya lagi sama sabeumnimnya biar olah raga dikit lagi. Hihi

Lalu kalau ada senior pasti ada junior dong.. Kalau yang ini istilahnya Hubae 🙂

Sabeum dan Sabeumnim, kalau Sabeum itu untuk pelatih kita yang menyandang DAN 1 sampai DAN 3, DAN 4 ke atas kita hormati dengan menyebut atau memanggil dengan sebutan Sabeumnim.

Nah, guys, segitu dulu ya yang saya sampaiin. Mudah-mudahan bermanfaat. Insha Allah saya akan tambahkan kosakata-kosakata yang lain di post-post selanjutnya.

Mohon maaf jika ada kesalahan. Jikalau ada Sabeum atau Sabeumnim yang membaca tulisan ini mohon masukan dan kritikannya.

Salam Tae Kwon Do.. Charyot, kyongre!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s