Fun for Run, Run for Fun

Dear All,

Akhir-akhir ini kayaknya lg ngetren lari marathon nih baik yang diadakan oleh pihak-pihak korporat maupun yang dilakukan kelompok-kelompok kecil. Nah biasanya kalau korporat yang mengadakan ada embel-embel hadiahnya, misal pelari yang paling awal sampai finish, pelari dengan kostum (aneh-aneh) terbaik, ataupun tim yang paling konsisten dan kompak larinya. Jaraknya juga beragam, dari yang “cuma” 5 km, 10 km, sampai 20 km lebih juga ada tergantung si yang ngadain acaranya. Pesertanya pun ada yang cuma ikut-ikutan tren dan ada juga yang memang hobby jogging/lari.
Bentar, tarik napas dulu.. 😀
Terus kenapa emangnya? Yah nggak kenapa-kenapa. Namanya olah raga pasti tujuannya positif, untuk kesehatan, untuk kampanye gaya hidup sehat sampai promosi suatu produk atau perusahaan. Nah mumpung lagi ngetren2nya nih.
Sebenarnya sih gak masalah, bagus malah. Tapi bagi kita semua yang baru-baru aja mulai seneng ikut event-event atau kegiatan lari marathon gini, ada yang mesti kita perhatiin.
Pertama, lari marathon itu butuh kesiapan fisik yang baik, jangan sampai bukannya sehat, malah akhirnya sakit atau cedera. Tapi jangan khawatir kalau persiapannya baik pasti hasilnya baik. Yang harus kita perhatiin, sebelum ikut event lari, kita mesti pastiin tubuh kita dalam kondisi fit, gak lagi sering begadang, atau punya penyakit yang melarang kita untuk terlalu lelah. Nah caranya kita musti jaga pola hidup kita, dan rajin olah raga (jogging rutin misalnya), kalo perlu cek ke dokter dulu sebelum ikutan lomba/event.
Kedua, pilih sepatu lari yang sesuai, gak semua sepatu olah raga boleh dipakai untuk lari maraton, bisa2 kaki cedera karna sepatunya gak pas buat lari, selain itu pilih sepatu yang tapaknya sesuai karakter tapak kaki kita masing-masing. Nah sepatu untuk lari juga sebenernya ada lifetimenya, ada yang tahan sampai 5000 km, 10000 km ada juga 50000km jarak tempuh saat dipakai. Biasanya kalo sepatunya asli atau ori pasti ada keterangannya di dalam boksnya. Jadi hindari pake sepatu futsal untuk ikut event 5K, 10K dsb :D.
Okay, Runners? selamat lari (tp bukan lari dari kenyataan lhoo..). 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s