Sedikit Perkenalan dengan Power Line Carrier

SuTET

 

 

 

Ilustrasi



Dear All,

Bagi sebagian besar mahasiswa maupun engineer yg berkecimpung di bidang elektronik dan kontrol terutama, mengenal PLC itu sebagai Programmable Logic Control. Namun di bidang elektrikal, khususnya high voltage transmission atau transmisi tegangan tinggi, PLC dikenal sebagai Power Line Carrier.

Power Line Carrier (PLC) merupakan jenia media telekomunikasi, yang memanfaatkan saluran tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi. Caranya yaitu sinyal komunikasi frekuensi radio (RF) dipropagasikan lewat konduktor/kabel SUTT/SUTET. Hal ini dimungkinkan karena gelombang listrik TT/TET “bermain” di frekuensi 50 Hz sedang sinyal carrier PLC menggunakan frekuensi 30kHz sampai 600kHz, ditambah beberapa perangkat seperti LMU (Line Matching Unit) dan Line Trap, Coupling Capacitor Voltage Transformer, serta Protecting Device agar sinyal tidak “tercampur” dan merusak perangkat masing-masing (PLC dan Switchgear).

Lalu apa saja manfaat PLC ini? Ada 3 jenis informasi yang dapat disalurkan lewat PLC, yaitu suara, data dan teleproteksi. Komunikasi suara dimanfaatkan oleh petugas antar Gardu Induk atau dengan Pusat Kontrol untuk koordinasi dalam pekerjaan. Sedang komunikasi data digunakan oleh sistem Scada walaupun baudrate yang dijanjikan sudah jauh tertinggal dengan perangkat komunikasi data modern macam radio digital apa lagi fiber optic :). Lalu, sebagai teleproteksi, terkait dengan sebuah perangkat proteksi tenaga listrik bernama Distance Relay (rele jarak), DR disuatu GI yang “membaca” gangguan di sisi GI lawan akan memberikan data ke peralatan PLC GI lawan untuk melakukan trip pada CB/PMT (pemutus tegangan).

Peralatan dari PLC antara lain:
– Terminal PLC
– Line Matching Unit (LMU)
– Line Trap (LT)
– Coupling Capacitor Voltage Transformer (CCVT)
– Protecting Device (PD)

Demikian sedikit perkenalan dengan PLC-nya orang listrik. Mohon maaf kalau ada yang kurang karena saya juga masih butuh banyak belajar.

Salam Petir! 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s