Cegah Bahaya Kebakaran Akibat Konsleting Listrik

Dear All,

Hari ini, hujan yang mengguyur banyak wilayah di Indonesia yang seakan gak berhenti dari semalam mengakibatkan kegiatan-kegiatan kita tersendat. Ada yang kebanjiran sampai gak berangkat ke kantor/sekolah, gak berangkat berdagang dan sebagainya.

Di setiap musim hujan, apalagi sampai banjir, kita mesti waspada. Salah satunya pada instalasi listrik di rumah.
Berikut beberapa tips nya untuk memastikan instalasi listrik di rumah kita aman saat musim hujan ataupun kemarau.

Yang pertama, kebanyakan instalasi listrik rumah meletakkan kabel-kabel utama di antara atap dan langit-langit, berikut sambungan-sambungannya. Sebenarnya kalau pemasangannya baik, tidak akan jadi masalah. Namun kemungkinan bahaya selalu ada jika:
– Atap rumah sering bocor
– Adanya binatang macam tikus atau kucing bersarang di atas langit-langit rumah.
– Kabel-kabel dan sambungan sudah berumur
dan sebagainya
yang seperti itu tidak boleh dibiarkan, apalagi kalau tulang atap terbuat dari kayu dan langit-langit berbahan triplek misalnya, sangat mudah terbakar jika di situ terjadi arus hubung singkat / konsletting.
Untuk memastikannya, bisa dengan memeriksa beberapa bulan sekali, apakah kabel-kabelnya masih bagus, tidak terkelupas, sambungannya masih baik dan sebagainya, harus diperhatikan saat dicek, MCB PLN harus di turunkan dulu.
Akan lebih baik jika kita tidak terlalu mengerti kelistrikan untuk minta tolong kepada orang yang mengerti, dan saat kerja tidak dilakukan sendirian.

Yang kedua, masalah banyaknya colokan/stop contact. Mungkin sebagaian besar dari kita masih suka menggunakan kabel terminal yang terdiri dari 4-8 stop contact atau kabel rol, lalu di extend/diperpanjang lagi dengan kabel rol lagi, untuk bermacam peralatan seperti TV, dvdplayer, Komputer, charger laptop/hp, lampu meja, kipas angin, dsb, dan semuanya berujung hanya di satu terminal/colokan yang di dinding rumah. Bahaya akan mengintai jika:
– Kabel-kabel dari alat elektronik tersebut seliweran/berantakan
– kabel-kabel dan terminal-terminal kabel/kabel rol diletakkan sembaranga di lantai/bawah meja
– kualitas kabel dan kabel terminal/rol tidak bagus
Ada baiknya tidak berlebihan memanfaatkan satu stop contact dinding untuk banyak peralatan, selain kurang rapi, bisa menyebabkan panas dan meleleh pada colokan tersebut.
Gunakan listrik sebutuhnya, cabut yang tidak perlu. Jika perlu, perbaiki instalasi stop contact listrik, dan buatlah yg cukup untuk berbagai alat elektronik di rumah. Jika daerah rumah rawan banjir, jangan posisikan colokan dinding di bawah. Standarnya 1,2 – 1,5 meter dari lantai. Itu pun kalau lantai rumah minimal sama tinggi dengan permukaam jalan di luar rumah kalau lebih rendah hmesti disesuaikan.

Sebenarnya jika dua hal itu sudah dipastikan beres, resiko bahaya bisa dihindari. Namun tetap harus waspada dan berhati-hati dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan listrik.

Salam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s