Apa Andil SCADA pada Sistem Jaringan PLN?

Dear All,

Mungkin masih ada yang penasaran atau mungkin bingung untuk apa sih PLN membangun sistem supervisory control and data aquisition (SCADA) pada jaringan transmisi dan distribusi listrik mereka. Jawabannya bukan supaya listrik yang disalurkan ke konsumen tidak akan pernah padam, meskipun manfaat secara tidak langsung dapat memungkinkan hal tersebut terwujud.
Mari kita sedikit membahas kegunaan SCADA ini untuk PLN.

Continue reading “Apa Andil SCADA pada Sistem Jaringan PLN?”

Iklan

Sedikit Perkenalan dengan Power Line Carrier

SuTET

 

 

 

Ilustrasi


Dear All,

Bagi sebagian besar mahasiswa maupun engineer yg berkecimpung di bidang elektronik dan kontrol terutama, mengenal PLC itu sebagai Programmable Logic Control. Namun di bidang elektrikal, khususnya high voltage transmission atau transmisi tegangan tinggi, PLC dikenal sebagai Power Line Carrier.

Continue reading “Sedikit Perkenalan dengan Power Line Carrier”

Beberapa Kosakata dalam Tae Kwon Do

Dear all..

Hehehehe, udah cukup lama saya gak tengok ini blog. Mungkin kalau kata penyanyi jaman dulu, udah usang nih blog. Untung gratis, hihi

Oke cukup berhaha-hihinya 😀 saatnya kita mulai yg ada hubungannya sama judul di atas.. Oh iya btw udah lama banget saya ga ber Taekwondo ria, udah terlalu tenggelam dalam lautan karir.. Hehehe

Nah, supaya ingatan saya soal tetek bengek Taekwondo gak terlalu lenyap, saya mau bahas sedikit kosa kata dalam latihan Taekwondo. Ya mudah-mudahan masih relevan sama kurikulum zaman sekarang.

Dobok adalah sebutan untuk seragam latihan. Idealnya berbahan yang menyerap keringat, menopang gerakan tubuh dengan baik dan memberi kenyamanan, tidak tipis atau terlalu tebal. Seingat saya, dobok untuk tingkat geup 10 sampai 4 kerahnya berwarna putih, untuk geup 3 sampai 1 dan Sabuk Hitam kerahnya berwarna hitam untuk yang dewasa, serta merah hitam untuk remaja/anak-anak.

Dojang, nah kalau ini sebutan untuk tempat latihan. Umumnya di dalam sasana olah raga macam GOR atau gym dan lapangan terbuka (biasanya sekolah-sekolah umum di Indonesia). Continue reading “Beberapa Kosakata dalam Tae Kwon Do”

PEMILIHAN JENIS MEDIA KOMUNIKASI PADA SISTEM SCADA PLN DISTRIBUSI

Bismilahirrohmanirrohim,

Ini bukanlah artikel ilmiah apalagi karya tulis hasil penelitian. Hanya saja saya sedang terpikirkan tentang bagaimana cara memperbaiki kualitas sistem SCADA di tempat saya mengabdi (lhoh kok “sedang”? bukannya memang harus selalu ya? Hehe).

Seperti yang kita ketahui, ada 2 macam media transmisi data yang dipakai, kabel dan nirkabel. Dengan semakin meluasnya pengembangan SCADA untuk penyaluran listrik, tentu pemilihan jenis media transmisi data juga penting. Dari banyak jenis dan produk media seperti kabel optik, kabel tembaga (pilot cable), radio RF, seluler hingga satelit, saya cenderung memilih kabel optik dan radio sebagai jenis yang harus ditumbuhkembangkan, setidaknya untuk 5-10 tahun ke depan. Yah, tentu saja semua ada pertimbangan plus minusnya. Termasuk pertimbangan dari engineer kelas teri seperti saya ini.

Continue reading “PEMILIHAN JENIS MEDIA KOMUNIKASI PADA SISTEM SCADA PLN DISTRIBUSI”

SCADA (Supervisory, Control, and Data Aqcuisition) pada PLN

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang teknologi pengawasan, pengontrolan dan akuisisi data jarak jauh dan real time yaitu SCADA yang saat ini telah secara luas digunakan pada banyak industri seperti pertambangan, perkeretaapian, pabrik-pabrik dan kelistrikan termasuk distribusi listrik PLN. Sebelumnya kita mungkin telah mengenal tentang PLC (Programmable Logic Controller), DCS (Disributed Control System) mapun FCS. Namun dalam tulisan ini saya tidak akan menerangkan tentang itu semua, hanya saja penerapannya sedikit serupa dengan beberapa fitur yang berbeda.

Continue reading “SCADA (Supervisory, Control, and Data Aqcuisition) pada PLN”

Telekomunikasi dalam SCADA

Telekomunikasi berasal dari kata tele dan communication, tele berarti jarak jauh, communication berarti komunikasi atau interaksi. Telekomunikasi adalah usaha manusia untuk melakukan komunikasi atau penyampaian pesan dua arah dalam jarak yang jauh. Pemanfaatan telekomunikasi telah sejak lama digunakan, dimulai dari morse sampai telepon seluler.

Lalu bagaimana manfaatnya dalam sistem SCADA (Supervisory, Control and Data Acquisition)? Seperti yang telah kita ketahui, sistem SCADA memungkinkan suatu proses atau suatu peralatan diawasi dan dikendalikan secara remote control dari suatu control center (pusat kontrol). Untuk menopang fungsi tersebut, dibutuhkan media penghantaran sinyal atau informasi dua arah antara site (peralatan) dengan pusat kontrol, media tersebut adalah peralatan telekomunikasi berupa kabel, maupun nirkabel.

Penggunaan media komunikasi dalam SCADA dibutuhkan dalam hal telecontrolling (remote control), telesignaling (alarm dan indikator), dan telemeasuring (V, A, Hz). Ketika sebuah media telekomunikasi mengalami gangguan, maka fungsi SCADA pada suatu sistem akan “mati”. Sebenarnya, dalam hampir semua hal, telekomunikasi itu penting, untuk koordinasi antar personil, penyampaian pesan, instruksi dalam kepolisian, dsb, semua butuh media komunikasi agar pekerjaan mereka lebih efektif.

Sehingga begitu juga dengan SCADA, maka hal pertama yang diperiksa ketika terjadi gangguan atau malfungsi, maka yang pertama dilakukan penyelidikan adalah di sisi media telekomunikasi. Barulah setelah sudah dipastikan apakah ada gangguan di media telekomunikasi atau tidak, bagian lain, seperti RTU diperiksa.

Lalu apa saja kah contoh dari aplikasi media telekomunikasi yang umum digunakan dalam SCADA
1. Kabel Pilot
2. Kabel Optik
3. Radio, GPRS, dsb

Penggunaan jenis-jenis media komunikasi bergantung pada beberapa hal, seperti jenis medan yang memisahkan pusat kontrol dengan site, tipikal peralatan yang di kontrol, sampai faktor efisiensi biaya pemeliharaan.